Baca Berita

Awal Tahun 2023, PT Maluku Prima Makmur Ekspor Lagi dari Ambon

Ambon (17/01/2023) Kabar gembira datang dari PT Maluku Prima Makmur, setelah sekian lama vakum, kemarin sore (16/01) PT Maluku Prima Makmur melakukan eksportasi lewat Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Komoditi yang diekspor berupa frozen yellowfin tuna sebanyak 17.479 Kg yang dimuat pada kontainer berukuran 40feet. Dari Ambon dimuat dengan Kapal ORIENTAL EMERALD yang berlayar ke Surabaya, selanjutnya dimuat ke kapal menuju negara tujuan ekspor yaitu Los Angeles, USA. Eksportasi ini menyumbang devisa ekspor sebesar USD 324.580.

Disaat yang bersamaan dengan eksportasi PT Maluku Prima Makmur (MPM), PT Perindo juga melakukan eksportasi yang ketiga kalinya dengan komoditi frozen tuna loin sebanyak 11.085 Kg. Sama halnya dengan PT MPM, PT Perindo juga menggunakan kapal yang sama yaitu ORIENTAL EMERALD dengan negara tujuan ekspor yaitu Jepang. Devisa yang dihasilkan sebesar 8.240.306,45 Yen Jepang.

Semakin bergairahnya ekspor di akhir tahun lalu dan berlanjut di awal tahun 2023 ini, secara tidak langsung menandakan bahwa perekonomian semakin membaik dan mekanisme ekspor angkut lanjut yang selama ini memang diterapkan di Bea Cukai Ambon karena belum ada kapal kontainer internasional yang langsung merapat di dermaga pelabuhan Yos Sudarso Ambon, bukanlah suatu penghalang.  Bea Cukai Ambon berkomitmen akan terus memberikan pelayanan prima serta siap memberikan asistensi bagi pelaku usaha demi meningkatkan ekspor dari wilayah Maluku.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan