Baca Berita

Awal Tahun 2023, PT Wahana Lestari Investama Langsung Tancap Gas Lakukan Ekspor Impor

Ambon (24/01/2023) Kamis minggu lalu (19/01) PT Wahana Lestari Investama melakukan ekspor pertama di tahun 2023. Bukan hanya melakukan eksportasi, PT WLI juga melakukan importasi langsung dari China ke Opin, Seram Utara.Bea Cukai Ambon sigap menanggapi dua kegiatan tersebut dengan mengirimkan Tim untuk melakukan pengawasan dan pelayanan ekspor impor di Opin, Seram Utara. Tim terdiri dari 3 orang yaitu PBC Rival Jou Imbiri dan 2 orang pelaksana pemeriksa Patrick Bagaswara dan Muh Wahyu Wicaksono.

Setibanya di Opin, Seram Utara Tim Bea Cukai Ambon melakukan pemeriksaan terhadap kapal LU RONG YUAN YU YUN 188 yang datang dari China. Kapal ini juga yang membawa barang impor milik PT Wahana Lestari Investama sekaligus nantinya yang akan mengangkut barang ekspor milik PT Wahana Lestari Investama ke China. Setelah dilakukan pemeriksaan kapal, Tim kemudian melakukan pengawasan pembongkaran di Pelsus milik PT Wahana Lestari Investama.

Kegiatan pemuatan barang ekspor baru diaksanakan setelah muatan barang impor telah selesai dibongkar. ±6 hari pemuatan ekspor dilaksanakan, dan kapal LU RONG YUAN YU YUN 188 baru diberangkatkan pada tanggal 19 Januari 2023. 

Seperti biasa komoditi yang diekspor oleh PT Wahana Lestari Investama yaitu vannamei shrimp sebanyak 1.196.610 Kg ke China. Devisa hasil ekspor yang dihasilkan 37.553.977,65 CNY dan untuk importasi Bea Masuk serta PDRI (Pajak dalam rangka Impor) yang dipungut sebanyak Rp 957.310.000.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan