Baca Berita

Bea Cukai Ambon “Ngobras” Ngobrol Santai Bersama Pengangkut

Ambon (25/01/2023) Pagi ini Bea Cukai Ambon mengadakan kegiatan “Ngobras” ngobrol santai bersama pengangkut bahas peningkatan ekspor dari Maluku. Dalam kegiatan ini diundang agen-agen pelayaran  yang selama ini mengangkut barang ekspor dari Ambon Maluku serta beberapa instansi pemerintahan yang berkaitan dengan pengangkutan. Tampak hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Yahya Kotta, GM PT. Pelindo Cabang Ambon Nengah, KSOP Kelas I Ambon, PT Pertamina Trans Kontinental, PT Meratus Line, PT SPIL, PT Tanto Inti Line, PT Vinici Inti Lines, PT Garuda Indonesia Cab Ambon, PT Rahayu Perdana Trans dan PT Pelni Cab Ambon.


Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Ambon R Teddy Laksmana. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait manifest oleh Kepala Seksi Perbendaharaan Muh Yusuf Nasution. “Ya memang ini bukanlah hal baru bagi bapak ibu sekalian, masih tetap dengan aturan yang lama, hanya saja materi ini saya paparkan untuk merefresh lagi ingatan kita tentang ketentuan dalam manifest,” ungkap Yusuf saat memberikan materi manifest. Sebelum sharing session terkait peningkatan ekspor di wilayah Bea Cukai Ambon, Teddy  memaparkan terlebih dahulu materi NLE. Selanjutnya dengan peta wilayah Bea Cukai Ambon, Teddy memaparkan potensi-potensi ekspor yang ada di beberapa tempat yang perlu digali lebih lanjut terkait connecting hubnya. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.


Bea Cukai Ambon mengadakan kegiatan ini dengan harapan dapat mempererat sinergi dengan agen pelayaran serta instansi pemerintah lainnya. Kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi terkait peraturan Kepabeanan dan Cukai serta manajemen resiko sehingga pada saat pelaksanaan di lapangan pengangkut lebih paham kewajibannya terhadap regulasi yang ada.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan