Baca Berita

Belajar Aflatoksin Datangi Angler Biochemlab Surabaya

Surabaya (07032021) - Di siang hari dengan suasana hujan rintik-rintik, Bea Cukai Ambon mengawali kunjungannya ke PT. Angler Biochemlab yang terletak di Jl. Raya Sawo no.17-19 Bringin, Kec. Sambikerep Surabaya Jawa Timur.

Budi Santoso Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Ambon dalam kesempatan ini bertemu dengan Baharuddin Manager Logistics and Purchasing."Kami ditugaskan kantor ke Angler lab ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait proses sertifikasi ujilab aflatoksin untuk biji pala", kata Budi mengawali pembicaraan.

Disampaikan Baharuddin bahwa jauh sebelum ada perjanjian antar pemerintah G to G dengan Uni eropa, pihak Angler dulu sudah menjalin MoU dengan pihak buyer yang ada di Eropa. "Standarisasi antara pasar lokal dan ekspor berbeda, untuk domestik aflatoksin B1 = 15 ppb sedangkan untuk ekspor B1 =5 ppb (mikrogram per kilogram) dan total aflatoksin B1,B2,G1,G2 = 10 ppb," ujar Udin.

Dari kunjungan ini paling tidak ada hasil yang bisa didapat terkait bagaimana standarisasi lolos uji aflatoksin, proses pengajuan sampel, penyampaian hasilnya. Dan hasil ini dapat dijadikan informasi bagi eksportir-eksportir Pala yang mau melempar produknya ke Eropa.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan