Baca Berita

Lagi-lagi Ekspor Perdana dari Ambon

 



Benarlah sebuah ungkapan yang menyatakan “Hasil tidak akan menghianati usaha yang dilakukan” ungkapan ini merupakan sebuah pola dimana hasil merupakan akibat, sementara usaha merupakan sebabnya. Secara sederhana, ungkapan tersebut bermakna bahwa jika kita melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka kita akan mencapai hasil yang kita harapkan.

Kamis, 21 November 2019, sinar mentari pagi menyapa para punggawa Bea Cukai Ambon yang sedang bertugas melakukan pelayanan ekspor, sementara mungkin orang-orang lainnya masih di rumah untuk bersiap melakukan aktifitasnya. Pagi kala itu sedikit berbeda di Bandara Pattimura Ambon karena adanya perusahaan atas nama PT. Air Biru Maluku yang baru pertama kalinya melakukan ekspor di Ambon.

Adapun tercatat dalam Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), jenis barang berupa Zebra Shark Hiu Leopard yang diekspor ke negara Singapore dengan menggunakan sarana pengangkut udara Garuda Indonesia. Walaupun masih dalam komoditas sektor perikanan namun jenis barang yang diekspor oleh perusahaan tersebut menambah khasanah komoditi ekspor yang selama ini belum pernah tercatat pada KPPBC TMP C Ambon.

Ekspor perdana tersebut tak lepas dari jerih payah Bea Cukai Ambon dalam menjalankan TUSI sebagai industrial assistance, yaitu memberikan asistensi kepada pelaku usaha sektor perikanan PT. Air Biru Maluku sejak bulan September 2019 silam. Kemudian asistensi berupa bimbingan teknis dan instal modul PEB, intens dilakukan dalam beberapa hari terakhir sampai dengan dilakukannya ekspor perdana. "Kami merasa puas atas pelayanan dan bantuan yang diberikan oleh Bea Cukai Ambon sehingga terlaksananya ekspor perdana kami ke Singapore", kata Mita selaku pegawai yang mengurusi administrasi dokumen. Diharapkan kedepannya kegiatan ekspor oleh PT. Air Biru Maluku akan terus dilakukan dengan jenis komoditi perikanan lainnya.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan