Baca Berita

Membangun Asa Ekspor Pala Langsung dari Maluku

Selasa (12-01-2021) – Di sore hari yang sejuk, Saut Mulia Kepala Kantor Bea Cukai Ambon beserta tim mengadakan kunjungan ke PT. Kamboti Rempah Maluku yang bertempat di Gudang Arang, Sirimau Ambon. Rangkaian kunjungan ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan dengan perwakilan PT. Kamboti di Pulau Banda beberapa bulan lalu.
PT. Kamboti biasa disebut, merupakan eksportir Pala dari Ambon Maluku, akan tetapi eksportasinya masih melalui Surabaya dikarenakan negara tujuan ekspor dalam hal ini Uni Eropa mensyaratkan laboratorium lolos alfatoksin bersertifikat yang salah satunya di Surabaya. Di masa Pandemi seperti saat ini, permintaan pala dari Spanyol sekitar 8 kontainer setahun, dimana eksportasinya melalui Rotterdam, ujar Sam Komisaris PT. Kamboti.
Dari kunjungan ini, Bea Cukai Ambon berusaha menggali potensi ekspor pala langsung dari Maluku, Ambon khususnya. Apakah buyer potensial hanya berasal dari Uni Eropa yang mensyaratkan uji laboratorium lolos alfatoksin saja, atau ada buyer dari negara lain yang lebih mudah syaratnya.
Serta kendala-kendala apa yang dihadapi untuk mewujudkan ekspor pala langsung dari Ambon selain laboratorium uji alfatoksin. Di kesempatan ini pula, didampingi Komisaris PT. Kamboti dan Bu Dewi Direktur PT. Kamboti, Bea Cukai Ambon diajak melihat proses penyotiran buah pala mutu 1 (ABCD), mutu 2 (RIMPEL) dan mutu 3 (BWP) secara langsung. Juga proses pengeringan dan penyotiran yang berjamur.
Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan asa mengekspor buah Pala rempah-rempah Maluku secara langsung dari Ambon.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan