Baca Berita

Sosialisasi Pelayanan Ekspor via Bandara Pattimura untuk Peningkatan Ekspor

Ambon (18-01-2021), Masih didalam rangkaian untuk mendorong peningkatan ekspor langsung dari Ambon khususnya melalui Bandara Pattimura Ambon.
Di pagi yang cukup sejuk ini, Bea Cukai Ambon mengadakan sosialisasi kepada pengguna jasa khususnya Eksportir yang selama ini melakukan ekspor melalui Bandara Pattimura, Ambon. Acara yang diselenggarakan secara daring dengan media Zoom Meeting merupakan alternatif terbaik di tengah pandemi Covid-19, disamping itu juga memungkinkan untuk dilakukan tanpa memperdulikan jarak yang ada.
Sosialisasi ini diselenggarakan untuk lebih mempererat lagi jalinan yang ada antara Bea Cukai Ambon dengan pengguna jasa terutama eksportir yang melakukan ekspor melalui udara via Bandara Pattimura Ambon, serta sebagai salah satu langkah untuk peningkatan pelayanan yang telah diberikan selama ini, ujar Saut Mulia, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon dalam sambutannya.
Acara yang dipandu oleh Agrandis dengan Narasumber dari Kepala Seksi PKCDT (Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis) Ciptono Setia Budi dan Pejabat Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama Soehendro Belen, dipaparkan beberapa hal diantaranya perbandingan ekspor perikanan berdasarkan dokumen PEB melalui laut dan udara dimana 75,8 % didominasi via udara meskipun secara tonage lebih kecil. Hal ini menunjukkan tren lebih sering eksportasi melalui udara dengan komoditi seperti live crab, lobster hidup, fresh tuna, kepiting bakau, ikan kerapu hidup dan yellowfin tuna.
Dari salah satu peserta seperti Ken dari PT. Rajawali Laut Timur menyampaikan terkait biaya kargo yang meningkat dengan adanya pandemi Covid-19 ini, perusahaannya biasa ekspor Ikan Kerapu Hidup.
Pada diskusi juga diutarakan Soehendro  terkait adanya jalur penerbangan baru ke Narita Jepang dari Ambon via Manado,  yang dapat memangkas lebih cepat jalur yang selama ini via Jakarta.
Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat lebih meningkatkan pelayanan ekspor Bea Cukai Ambon dan meningkatkan ekspor dari Bandara Pattimura untuk Ambon lebih maju.

Berita Terbaru

Eselon I Kementerian Keuangan